Senin, Maret 30, 2009

Klepon Mak Ceplus

Lama banget tiada ngeblog...Pengen upload photo di BJm tapi belum ada...
Lagi bingung dengan KKN lagi bingung dengan KKL lagi bingung juga dengan BKD bingung juga dengan undangan nikah.
Hohoho tak boleh diperbingungkan.
Karena saking bingung aku suka nyari-nyari hiburan yang gak penting.\
Kemaren aku mbuat "Klepon" hohohohooooo.
Oke this is da resep!!
Bahan:
  • Tepung Ketan 500 gram boleh terserah mau buat seberapa banyak
  • Santan Kelapa kental 200 ml, ya pokoknya jangan banyak2
  • Kelapa parut secukupnya, kelapanya yang muda trus dikupas kulitnya trus parut campur dengansedikit garam lalu dikukus.
  • gula jawa di iring dadu
  • Daun suji dan daun pandan untuk aroma dan pewarna di blander trus di saring ambil airnya saja.Kalo gak mau repot ya pake pasta pandan aja tapi yo jadi gak alami tapi nanti tampilannya jadi lebih menarik coz warna ijonya jadi bagus.
Alat:
  • Pake panci biasa aja buat "nguleni"
  • Pake panci lagi buat ngerebus air

Cara memasak:
  1. Santan ditambah dengan air daun suji n pandan atau pasta pandan di masak gak sampe mendidih tapi cuma sampe anget-anget gitu
  2. Setelah itu campurkan tepung ketan dengan santan yang anget tadi tapi nyampurinya santen dikit-dikit
  3. dicampur terus ampe kalis n "alot-alot"gitu.
  4. Setelah kalis adonan di bentuk bulet-bulet dalemnya diisi dengan gula jawa yang diiris dadu tadi.
  5. Sembari membuat bulatan didihkan air.
  6. Masukkan bulatan yang udah dibuat ke dalam air mendidih tadi.
  7. Klo ntu buatan udah pada melayang-layang di air"Kemambang" (hohohoho bahasa apa tuh) berarti udah mateng.
  8. Angkat diamkan sebentar dan gulingkan ke dalam parutan kelapa yang udah dikukus tadi.
  9. Jadi ...Klepon yang rasanya "Mak Ceplus" coz kalo di makan gulanya mucrat "mak Cpelus"
  10. Selamat mencoba

1 komentar:

silakan coment disini!! Isikan nama anda dengan klik colom pada "beri komentar sebagai" Isikan pula URL/alamat blog anda