Senin, Maret 31, 2014

Camping Kece at Seruni

Setelah beberapa minggu kemarin berencana camping. Akhirnya kemarin sore kita berangkat camping juga.
Baru habis pulang nih dari Seruni.... Seru! Perjalanan dimulai dengan mengambil bookingan tenda di jalan gejayan. Dua buah tenda plus enam sleepingback dan nesting(ketinggalan) kita sewa buat bekal camping. Seperti biasanya, tetep aja ngaret. Dari rencana awal berangkat jam satu, walhasil kita berangkat dari Jogja sekitar pukul dua lebih dan ini juga dikarenakan konvoi kampanye yang bikin hAHH!.
Camping kali ini, saya berangkat dengan lima teman saya. Satu teman cancel karena ada pekerjaan dan hanya ada enam orang yang berkumpul di kost Bundo. Nasi bungkus plus lauk buat makan malam, air minum, dan beberapa peralatan kebutuhan camping sudah siap. Jam dua lebih kita pun berangkat. Sangat beruntung, konvoi kampanye tidak sampai ke arah jalan Wonosari. Jadi lancar jaya perjalanan sampai ke Wonosari. Tapi sayang seribu sayang, kita menghela nafas ketika sampai di kawasan jalan menuju pantai Indrayanti. Antrian panjang Bus pariwisata maupun mobil pribadi menutupi hampir seluruh badan jalan. Indrayanti sudah jadi pantai cendol hari itu. Jalan menuju pantai ini penuh dan macet total. Kita sudah terlanjur terjebak dalam antrian mengular. Apaboleh buat kita sudah terlanjur memilih jalan ini. Lokasi pantai Seruni sendiri, terletak di sebelah timur pantai Pok tunggal. Sedangkan pantai Pok Tunggal berada di sebelah timur Indrayanti. Menyelip kanan, nyelip kiri, maju kanan berhenti dan masuk ruang sempit antar bus kita lakukan untuk segera sampai ke Seruni. Saat itu jam menunjukkan pukul empat lebih. Setengah jam lebih kita terjebak macet di jalan pantai Indrayanti.
Setelah berpeluh dan menghindar dari kemacetan akhirnya sampai juga di petunjuk arah Pantai Pok Tunggal. Sampai di petunjuk ini kita sudah di sambut oleh pemuda desa. Di sini kita bertanya dengan pemuda disana tentang jalan yang harus ditempuh untuk menuju Seruni. Dari pemuda tersebut, kita mendapatkan info bahwa untuk mencapai pantai Seruni dapat melewati jalan berbatu menuju Pok Tunggal. Setelah menemui gardu belok kiri dan ikuti jalan berbatu hingga ke Pantai Seruni.
Berbeda dengan info yang kita dapat dari internet, saat ini akses untuk menuju Seruni sudah bisa dilalui dengan motor. Namun jangan harap akses yang dilalui nyaman dan tanpa rintangan. Jalan berbatu terjal masih mendominasi perjalanan. Sekitar lima belas hingga dua puluh menit perjalan kita lalu, dan sampailah kita di Seruni.
View awal yang bakal kita dapat adalah pemandangan laut yang terlihat dari atas bukit. Dua buah bukit batuan karst mengapit pantai kecil yang disebut sebagai  Pantai Seruni. Sebelum sampai ke pantai tulisan "parkir" akan menyambut kita. Tempat parkir sederhana yang muat untuk sepuluh motor sudah tersedia disini. Tiga kamar mandi disisi utara dekat kandang kambing juga sudah ada. Namun stock air bersih harus kita sediakan sendiri bila sudah habis. Untuk bisa mendapatkan air bersih kita harus mengambil air di sisi timur pantai berupa air tawar yang jatuh dari tebing.
Salah satu kekhasan Seruni dan sekaligus menjadi pantai yang tepat untuk camping saat ini adalah adanya sumber air tawar yang jatuh dari atas tebing. Namun untuk mendapatkan air tawar ini kita harus mengambil pada waktu yang tepat yaitu saat air laut surut. Air laut surut dimulai pada sekitar pukul 12 siang hingga petang, sedangkan pada pagi hari sampai sekitar pukul 8.
Pukul setengah lima tenda kita pun sudah berdiri. Kita menyempatkan untuk sholat ashar dan setelah itu mencari kayu bakar disekitaran jalan menuju Pantai Seruni. Usai sholat magrib api unggun pun kita buat. Sembari menunggu Isya kita bersenda gurau dan membuat api unggun.
Waktu makan malam pun tiba. Bungkusan nasi yang kita bawa segera kita buka dan kita pun menikmati nikmatnya nasi bungkus sederhana dengan rasa yang jadi istimewa. Sesuai itinery yang dibuat acara selanjutnya adalah bakar jagung. Alat dan bahwan pun kita siapkan dan kita menikmati keceriaan bakat jagung bersama Sembari menikmati jagung kita bermain firework dan berpoto ceria. Kece banget pokoknya camping malam itu.
Satu hal yang bikin galau ketika camping disini adalah ketika kita ngerasain bergejolaknya perut di malam hari sementara persediaan air untuk cebok di kamar mandi tidak ada. tapi masalah ini sudah terselesaikan. untungnya ada sedikit air yang tersisa. Jadi tips untuk yang mau camping disini adalah bawalah tempat persediaan air dan sebuah wadah air untuk menampung air yang jatuh dari tebing di sumber air sisi timur. wadah air berfungsi untuk menampung sementara air yang jatuh untuk selanjutnya bisa dimasukkan dalam tempat penampungan (derigen).
Malam telah menjelang dan perhatian kita saat itu tetuju pada langit yang indah dengan taburan bintang-bintang. Sesekali kita akan melihat kunang kunang terbang nampak seperti bintang yang jatuh. Dengan tiduran beratapkan langit kita akan mendapatkan sensasi relaksasi yang sempurna. Sungguh ciptaan yang Maha Sempurna. Malam semakin larut dan malam kita habiskan dengan perbincangan perbincangan yang mengantarkan kita menuju mimpi yang indah.
Pukul lima pagi kita sudah bangun. Tak tampak kabut hari itu. Mata terbuka langsung disuguhkab dengan deburan obak di depan kita. Kita sengaja tidak tidur di dalam tenda malam itu. Kita tidur dengan sleepingbag di luar tenda beratap langit. Indah!
Usai subuhan dengan menikmati air wudlu dari air terjun kecil disisi timur kita bersiap siap untuk mempersiapkan sarapan. Tragedi kompor gas porteble pun terjadi. entah kenapa gas tidak dapat dikuncikan pada kompornta. Akhirnya kita memasak menggunakan bara sisa api unggun kemarin malam. Kita pun segera mencari kayu bakar kembali untuk memasak lauk dan air.
Menu makan pagi kita kali ini adalah. Nasi, Sarden dan Mie Goreng. Sederhana, tetapi kebersamaan membuat rasa dari makanan ini begitu istimewa. Usai makan, kita menghabiskan pagi dengan bermain air dan berfoto ceria di pantai nan indah SERUNI. will be miss this moment...
Tempet Camping dan tenda kece kami
Maen Firework donggg!!!
Api Unggun, Bakar jagung, Buat POP Corn!!

1 komentar:

silakan coment disini!! Isikan nama anda dengan klik colom pada "beri komentar sebagai" Isikan pula URL/alamat blog anda