Selasa, Juni 14, 2011

Yang Cuma Ada Dua di Dunia

Tepat seminggu yang lalu saya baru aja mendatangi salah satu dari dua fenomena yang ada di dunia. Yups, saya baru aja dari Gumuk Pasir di kawasan Parangtritis. Mungkin bagi temen-temen Geografi, nothing spesial, tapi bagi temen-temen kantor di rumah sakit ini hal yang berbeda dan jarang mereka temui.
Gumuk pasir atau sand dunes merupakan kenampakan yang biasanya terbentuk pada daerah arid (kering) atau Gurun. Namun menariknya Indonesia yang beriklim tropis yang notabene beriklim basah memiliki kenampakkan gumuk pasir. Pantai berpasir di sebelah selatan Jogjakarta hingga sebelah Selatan Kebumen adalah satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki bentang alam atau memiliki topografi eolean (topografi asal proses angin) ini. Dari mana asalnya pasir itu sementara Indonesia beriklim basah? Pasir-pasir ini merupakan produk dari aktivitas gunung merapi yang diangkut oleh aliran air sungai yang bermuara di pantai selatan. Kemudian pasir yang sampai di pinggir laut langsung dihempaskan oleh kuatnya gelombang di laut selatan.
Gumuk pasir sendiri selain di Parangtrtis hanya bisa ditemui lagi di Meksiko. Ini bukan Gurun Pasir tapi Gumuk Pasir dan hanya ada dua di Dunia.

Bisa sampei kesini karena temen saya baru nyari lokasi-lokasi foto yang keren dan saya menyarankan untuk menuju ke Gumuk Pasir. Berangkat dari Jogja sekitar pukul empat lebih kita nyampe di Gumuk Pasir sekitar pukul lima kurang sedikit. Dasar kurang perhitungan, kita harus mbayar di gapura Parangtritis, padahal kalo kita lewat Pantai Depok ke arah timur kita gag perlu bayar segala. Paling cuma bayar parkir di deket Gumuk 3ribu rupiah.
Yah, tak apalah yang penting saya senang teman senang. Karena sebelumnya agak sedikit worry, jangan-jangan gumuk pasirnya sudah rusak. Karena kalo ada vegetasi di Gumuk Pasir ini maka barang tentu bentukan tidak bisa terjadi, apalagi pada beberapa tempat wilayah selatan ini mengembangkan pertanian pesisir. Wakakaka dua sisi yang membingungkan disisi lain untuk kesejahteraan masyarakat sekita, disisi lain untuk menjaga kelestarian si Gumuk.
Gumuk pasir menawarkan pemandangan yang beragam, dari bentuk barcan atau seperti bulan sabit dan bentukan lainnya.
Kita juga sempet mendapatkan sunset disana. So, Beautiful pokoknya. Foto-foto yang keren -keren belum saya ambil. So ini beberapa foto yang saya punya :
So "Narsiscoramos" wakakaka. Foto-foto yang laen gak gitu bagus sih, tapi karena kita kesorean jadi gag bisa dapet foto lebih banyak lagi. Sekitar pukul enam, setelah senja beranjak malam, kita baru cabut dari Si Gumuk. Wakaka rasa-rasanya belum puas, coz kita belum explore sampe ke dalem-dalem..Dan kita memutuskan untuk kembali mengunjungi Si Gumuk minggu ini...
Pulangnya, kita mampir ke Bagor. Bagor adalah warung makan penyetan biasa. Bagor sendiri merupakan singkatan dari "Bakar dan Goreng". Sperti singkatanya warung ini menyediakan menu penyetan bisa dibakar atau digoreng. Bagor berlokasi di sebelah timur alun-alun selatan. Jadi kalo kita mau keluar dari Alun-alun ke arah timur maka pilihlah gang yang sisi selatan. Langsung saja ke arah timur dan tengoklah ke kanan. Meskipun tempatnya sedikit "ndelik" tapi sambal bawangnya mak nyusss. Malem itu saya cuma pesen telor dan tempe goreng..tapi itu gag masalah kerna yang bikin enak sambal bawangnya. Untuk satu porsi tempe dan telor dan sambal bawang mentah juga es jeruk dihargai 7500 rupiah.Murah kenyak nikmat...

5 komentar:

  1. http://ureechan.wordpress.com/

    suka!
    saya masih punya mimpi itu,suatu saat nanti akan bebas berkelana kemanapun ku mau. pasti! :) tukeran link ya dan :)

    BalasHapus
  2. cihuyyyy...oke ule...
    dirimu punya blog juga..akhirnya punya juga..
    piye kabarmu...wakakaka serasa pengen cerita banyak
    sementara lewat blog dulu wakakaka

    BalasHapus
  3. cihuuyyy..jadi inget percakapan sepulang praktek VB di MU mw ke SIC "dani..ayo to..ajari aku bikin blog...." wakakaka, yuuukkk ngerumpi di blog :D sbnre dah agak lama dan, tp tidak terekspos media massa, hahaha lebbay :D uka uka :D

    BalasHapus

silakan coment disini!! Isikan nama anda dengan klik colom pada "beri komentar sebagai" Isikan pula URL/alamat blog anda