Jumat, Mei 09, 2014

Air Terjun Watu Jonggol

Maen lagi!!!.. hahaha.. iya liburnya banyak sih.. Kamis Kemaren bertepatan dengan hari buruh, saya dengan empat teman saya "deranger" kembali mencoba explore wisata yang jarang dikunjungi. Kali ini kita bakal explore Kulon Progo. Setelah kita kemarin beberapa minggu yang lalau explore ke arah timur jogja, kali ini bakalan jalan jalan ke daerah barat. Tujuan kita adalah Air Terjun Samigaluh. Awalnya kita gak tahu dimanakah lokasi air terjun ini. Perjalanan dimulai dengan menyusuri jalan godean. Dari jalan godean kita akan bertemu dengan prapatan Kenteng di daerah Nanggulan. Dari situ kita ambil kanan terusss dan sampailah di kecamatan Kalibawang.. Hahaha...kalo tau akhirnya sampai sini tadi mending berangkat dari Cebongan. Nah dari kecamatan Kalibawang kita lurus ke arah barat mengikuti jalan yang lama lama semakin menanjak. Dari SMA 1 Samigaluh kita masih terus mengikuti jalan. Ternyata di Samigaluh terdapat tiga air terjun. Air terjun pertama adalah air terjun Sukoharjo. Air terjun ini akan kita temui pertama kali dari arah kalibawang menuju Samigaluh. Di kanan jalan ada petunjukknya bila ingin menuju ke air terjun ini. Yang kedua, ada air terjun Watu Jonggol. Yang ketiga ada air terjun lagi yg katanya lebih bagus dan besar tapi untuk mencapainya memerlukan tracking dan panjat tebing segala.

Air terjun yang kita kunjungi kali ini adalah air terjun kedua yaitu Air terjun Watu Jonggol. Untuk sampai ke air terjun ini dari Pasar Plono kita ambil kanan. Jalan yang kita lalui lama kelamaan akan menanjak. Selanjutnya akan ada petunjuk "selamat datang di desa wisata". Dari petunjuk ini kita ambil kiri dan mengikuti jalan yang ada. Selanjutnya kita akan menemukan pertigaan kita belok kiri. Akhirnya sampailah kita di air terjun yang dimaksut.

Untuk bisa sampai air terjun ini kita harus berjalan kebawah melalui jalan setapak terlebih dahulu. Biaya untuk masuk ke air terjun ini geratis. Hanya butuh bayar dua ribu perak saja untuk parkir di rumah penduduk.

Sebenarnya air terjun Watu Jonggol ini tergolong kecil. Namun demikian sebenarnya masih banyak sekali potensi yang masih bisa dikembangkan dengan adanya air terjun iNi. Sumber air terjun ini pun sangat jernih, jadi sangat segar untuk mandi atau bermain air.

Sepulangnya dari air terjun kita disarankan untuk sekalian menuju kebun teh. Namun kita tidak tertarik dan langsung turun. Sesampainya di pertigaan pasar plono ternyata rem salah satu teman blong. Akhirnya kita sekalian ganti kampas rem di bengkel deket pasar. Sambil menunggu motor, kita membeli es campur yang murah meriah. Setelah itu masih di tambah bakso tusuk yang rasanya mengingatkan kita pada masa kecil dulu.

Sambil nunggu motor, kita juga ngobrol sama tukang bengkelnya. Dia bilang,"Ngapain sampai air terjun tapi gag sekalian ke kebun teh,disana pemandangannya lebih indah". Bapak tukang bengkelnya cerita dengan lihai dan berhasil meyakinkan kita untuk datang ke kebun teh dengan expectasi bakal liat pemandangan borobudur plus jogja dari atas sana.

Usai motor selesai di pasang kampas, kita pun memmutuskan untuk naek lagi. Usai solat.kita pun naik lagi menuju lokasi yang dimaksut. Tapi jangan harap jalannya semakin oke yaaa!!. Ketika sudah mau sampai kebun teh jalanan semakin rusak plus menanjak. Kita sampai harus menuntun motor dan berusaha agar motor tidak terjebak di tanah yang basah dan licin.

Sanpai di atas, semua diluar expextasi apa yg diceritakan bapak bengkel tadi. Akhirnya kita hanya membuka bekal d atas kebun teh di temani pemandangan perbukitan plus photo bareng.
Usai makan makan dan puas photo photo, saat turun ternyata ada pemuda desa yang bilang bahwa "sebenarnya lebih bagus kalau lewat muter ke arah tadi". Hah kita sedikit kecewa, karena apa yang dimaksud tukang bengkel tadi pasti harusnya lewat jalan itu jadi kita bisa sapet view borobudurnya.
Tapi saat itu hari semakin mendung dan kita memutuskan untuk tetep turun lewat jalan yang rusak tadi.
Ini ni, pemandangan air terjun dan kebun tehnya: